Cara Islami Menangani Stres

Diantara rahmat Allah yang diberikan kepada umat islam adalah menjadikan Al-Qur'an sebagai penyembuh dan rahmat bagi orang mukmin.

Kita senantiasa melakukan sesuatu sesuai dengan tuntunan Qur'an dan sunnah. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan kebahagiaan dunia maupun akherat.
Baca juga :

Tentu saja ketika kita menghadapi stres yang berat maka kita harus melakukan hal yang ada petunjuk dalam Qur'an dan Sunnah:

1.Akidah

Akidah atau keyakinan berpengaruh besar terhadap pencegahan dan pengobatan depresi. Akidah dapat membentuk perasaan, perilaku dan akal manusia. Akidah yaitu apa yang ada Rasulullah dan para sahabatnya berupa pengalaman dan rukun-rukun iman. Sendi-sendi islam dan makna tauhid dan beberapa hal yang penting yang lainnya.

2. Takwa dan Amal Shaleh

Allah memberi jalan keluar dan rezki bagi orang yang bertakwa dan beramal sholeh. Karena biasanya orang yang stres karena ada masalah besar yang dihadapi tetapi dapat jalan keluar. Bertumpuknya masalah menyebabkan depresi.
QS.At-Thalag : 2-3
" Barang siapa bertakwa kepada Allah, niscaya dia  akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya"

3. Berdoa, bertasbih dan mengerjakan sholat.

Ahmad, Bukhari dan Muslim meriwayatkan :
"Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari kesusahan dan kesedihan, kelemahan dan kemalasan, kekiram dan pengecut, belenggu hutang serta ketindukan kepada laki-laki (orang yang kuat).
Al-Hijr :97-99
"Dan kami sungguh-sungguh mengetahui bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan. Maka bertasbilah dengan Memuji Tuhan-mu dan jadilah diantara kamu diantara orng-orang yang bersujud (sholat) dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal)

Sekian dan tera kasih
By Amran

Comments

Popular Posts