Gempa Bumi Terjadi Di Donggala Sulawesi Tengah

Telah terjadi gempa bumi wilayah 27 km Timur Laut Doggala Sulteng. Kekuatam gempa 7.7 SR. Lokasi -0.18 LU - 119.85 BT waktu 28-Sep-18 - 17:02:44 Wib dengan kedalaman: 10 km.
                 Sumber gb. www.google.com
Belum habis duka gempa yang terjadi di Lombok, kini terjadi lagi di Donggala Sulteng dan Sulbar. Dan getaran juga dirasakan sampai Kalimantan Timur, palu dan gorontalo.  Saat ini  korban 1/8/2018, 832 meninggal dunia,821 di Palu 11 di Donggala, 540 korban luka berat dirawat rumah sakit, 16.732 pengungsi sebaran pengungsian (tribun timur)

Sempat  ada peringatan akan terjadi sunami, tetapi oleh pihak yang berwenang beberapa jam mencabut peringatan tersebut. 

Akan tetapi sudah dilaporkan sudah ada rumah yang rusak, retak-retak dan bahkan ambruk. Sampai saat ini masih dilakukan pendataan untuk memastikan jumlah korban dan jenis kerusakan yang ditimbulkan. 

Sampai saat ini belum ada data yang menjelaskan berapa jumlah korban. Terjadi gempa susulan berkekuatan 4 - 6 SR.

Di rumah sakit  Poso terjadi kepanikan dan orang berhamburan keluar. Dan sampai saat tulisan ini pasien masih bertahan di luar bangunan.

Himbauan untuk masyarakat dalam menghadapi yaitu jangan panik dan usahakan jangan berada dalam rumah. 

Rasululllah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَكْثُرَ الزَّلاَزِلُ
“Tidak akan tiba hari Kiamat hingga banyak terjadi gempa bumi” (HR. Al Bukhari)

Mari kita tetap waspada karena rentetan gempah terjadi dimana-mana. Mari kita bertaubat kepada Allah. Supaya dosa-dosa kita diampuni Allah. Dan juga dijauhkan dari dampak besar yang ditimbulkan gempa itu. 

Comments

Popular Posts