Cara Mengatasi Rasa Malas

Malas merupakan suatu kebiasaan yang muncul dari dalam.  Kebiasaan yang selalu mengatahkan kita untuk bermasa bodoh, tidak peduli, dll sifat negatif . Malas juga biasanya tidak mau beraktivitas. Hal ini karena kurangnya motivasi untuk melakukan sesuatu. Malas meskipun sepeleh tetapi bisa menghambat aktivitas. Olehnya itu beberapa hal untuk melawan rasa malas :

  1.  Mencari Sebabnya dan Akibat Kalau Malas
Salah satu sebab kenapa malas terjadi adalah kurangnya motivasi untuk melakukan sesuatu. Akibatnya membuat kita kehilangan arah dan tujuan.

Makanya ketika rasa malas muncul maka ingatlan diri anda akibatnya kalau bermalas malasan. Misal apa akibat kalau saya malas cari uang, sementara tidak lama lagi anak-anak akan membayar uang sekolah. Contoh lain 5 hari lagi listrik akan dicabut karena 2 bulan tidak bayar.

Dengan mengingatkin diri tentang akibatnya akan memicu kita untuk melakukan tindakan dengan mengalahkan rasa malas.

2. Belajar Menyukai Sesuatu

Penyebab lain kita menjadi malas adalah karena kita tidak menyukai pekerjaan yang akan kita  lakukan. Karena sesuatu yang kita tidak sukai belum tentu buruk bagi kita. Kita harus belajar menyukai sesuatu. Karena kita tidak tahu dipekerjaan mana kita akan sukses.

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 216).

Kemudian :

Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (QS. An-Nisa: 19)

3. Lakukan Sesuatu Jangan Tunda

Jangan kita biasakan menunda pekerjaan karena menunda pekerjaan menyebabkan banyak pekerjaan tertunda. Banyaknya pekerjaan tersebut membuat kita merasa bingung. Akibatnya kita stres tidak tahu lagi apa yang harus kita lakukan.Yang harus kita lakukan adalah lakukanlah yang prorietas dahulu. Atau lakukan sesuatu biarpun kecil. Yang penting ada sesuatu yang kita lakukan. Baca juga trik untuk mengatasi malas bekerja

Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

Comments

Popular Posts