Cara Menghilangkan Formalin Pada Makanan

Formalin merupan bahan pengawet yang biasa diberikan kepada bahan supaya awet atau tidak mudah rusak. Formalin biasanya dipakai untuk industri seperti kain, karpet, cat, kayu industri, obat pembersih lantai, dll. Dan bahkan dipakai pada mayat agar tidak cepat busuk. Tetapi dalam hal ini sering banyak disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanhgung jawab.

               Sumber gb. www.google.com
Supaya kita bisa terhindar dari malapetaka dari formalin maka kita harus menghilangkannya dengan cara yang sederhana. Tiga cara yang sering digunakan untuk hilangkan formalin adalah dengan merendam air, air garam dan air leri (bekas cucian beras). Cara mengetahui makanan berformalin dan boraks

Menurut hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan merendam 60 menit dengan air bisa menghilangkan 61,25% formalin. Cucian beras menghilangkan 66.03% dan air garam 89.53%. Walaupun tidak menghilangkan 100%.

Mie

Menghilangkan formalin pada mie yaitu dengan merendam air mendidih selama 30 menit akan mampu menghilangkan formalin hingga 100 %. 

Tahu.

Cara menghilangkan formalin pada tahu caranya dengan merendam air biasa, atau merebus dengan air panas sebelum digoreng. 

             Sumber gb. www.google.com

Secara umum untuk menghilangkan kandungan formalin pada makan sebelum diolah hanya merendam saja dengan air maka formalin akan hilang. Karena formalin meniliki titik didih yang rendah. Artinya dalam keadaan panas mudah menguap, misal digoreng ataupun direbus. 
Demikianlah pembahasan tentang cara menghilanfkan formalin. Semoga manfaat

By. Amran

Comments

Popular Posts